Minggu, 03 Juli 2011

pengendalian konflik


Penghentian untuk sementara waktu (cooling down)


Istilah cooling down ( mendinginkan lebih dahulu) adalah salah satu bentuk penyelesaian konflik. Agar konflik tidak kemudian menjadi besar dan menimbulkan kekerasan biasanya dilakukan penundaan penyelesaian konflik tersebut. Dengan penundaan digharapkan emosi dari mereka yang berkonflik dapat dikurangi sehingga penyelesaian konflik tidak dengan emosi, melainkan dengan pikiran yang jernih.
Penundaan ini dimaksudkan memberikan kesempatan kepada mereka yang bersengketa untuk berfikir secara jernih dan mencari solusi dari konflik yang ada. Setek\lah mereka berfikir lebih jernih diharapkan konflik dapat diselesaikan dengan baik dan terhidarkan dari korban yang tidak diinginkan.
Kasus penggusuran pedagang kaki lima jika perlawanan sangat keras dari para pedagang, maka dapat dilakukan penundaan eksekusi lapk mereka. Misalnya diberi waktu satu minggu untuk membongkar lapak mereka sekaligus memindahkan baran dagangan mereka. Penundaan ini adalah upaya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yaitu jatuhnya korban baik pada pihak pedagang maupun Polisi Pamomg Praja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar